Sabtu, September 01, 2007

ADHD / GPPH Today

Mengenal Anak Hiperaktiv (Gangguan Hiperkinetik)

Seorang ibu datang ke Klinik Perkembangan Anak dengan keluhan bahwa anaknya yang berusia 5 tahun selalu mengganggu teman, tidak bisa diam dan seolah-olah tidak memperhatikan pelajaran di kelas. Oleh guru dinyatakan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas. Anak tersebut bukan anak nakal dan juga bukan anak yang malas atau bodoh, namun anak tersebut mengalami gangguan dalam perkembangannya yaitu gangguan hiperkinetik yang secara luas di masyarakat disebut sebagai anak hiperaktiv. (Penulis : Sumber: http://id.novartis.com/kenal_hiper.shtml)

“Rifki dikenal sebagai anak yang jahil. Ia selalu bergerak dan mengganggu teman sekelas saat mereka mengerjakan tugas. Saat bermain pun Rifki cenderung bertengkar dengan teman-temannya atau melakukan aksi nekat, naik ke puncak tiang atau bergelantungan di pohon”

Orang awam melihat Rifki sebagai anak nakal, tetapi sebenarnya dia mengalami gangguan yang di dunia psikiatri dikenal sebagai Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH).

Cirinya, selain tidak bisa diam, anak juga meledak-ledak dan bersikap agresif. Anak tidak mampu berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas, sering kehilangan alat sekolah, kesulitan mematuhi perintah, banyak bicara tetapi kacau, gaduh, gelisah dan sering mengganggu orang lain.

Apa Itu Anak Hiperaktiv?
Anak hiperaktiv adalah anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dengan hiperaktivitas (GPPH) atau attention deficit and hyperactivity disorder (ADHD). Kondisi ini juga disebut sebagai gangguan hiperkinetik. Dahulu kondisi ini sering disebut minimal brain dysfunction syndrome. (Penulis: Sumber: Kompas Cyber Media)

Tidak ada komentar: